WEB LAMA
15 November 2019

BAWASLU GELAR SOSIALISASI DESA / KELURAHAN AWASI PEMILU DI KELURAHAN SELOSARI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magetan menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif “Desa/kelurahan Awasi Pemilu”., Kamis (14/11/2019). Sosialisasi digelar untuk lebih mengintensifkan peran masyarakat dalam mengawasi Pemilu 5 tahun lagi.

Dalam kesempatan itu hadir Komisioner Bawaslu Kabupaten Magetan, Mories Subiyanto, Kapolsek Magetan Iin Pelangi, Danramil Magetan Suparlan, Camat Magetan Parminto Budi Utomo yang bertindak selaku Narasumber dan acara dimoderatori oleh Lurah Selosari Sutrisno. Adapun peserta kegiatan sosialiasasi adalah masyarakat dan perangkat Kelurahan Selosari.

Komisioner Bawaslu, Mories Subiyanto yang membuka sosialisasi tersebut memaparkan tugas pokok dan fungsi Bawaslu serta pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi berjalannya pemilu.”Bawaslu tupoksinya adalah mengawasi terselenggaranya pemilu, serta mencatat dan menindak pelanggaran pemilu, kenapa pemilu harus diawasi ada beberapa pertimbangan seperti pemilu adalah kompetisi politik. Acara ini adalah acara pengawasan partisipatif, artinya masyarakat berpartisipasi dalam kepengawasan, kita memang harus bersama masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan pemilu, termasuk pada masa kampanye, masa tenang serta pemungutan dan penghitungan suara.” ucap Mories.

Ditambahkan Kapolsek dan Danramil bahwa masyarakat jangan takut terhadap hajat politik 5 tahunan Negara ini, justru diminta partisipasi aktif masyarakat untuk mengawasi jalannya pemilu yang adil dan bermartabat. Selain itu, Camat Magetan juga menghimbau masyarakat untuk tidak antipasti terhadap pendidikan politik. Generasi muda harus diberikan pendidikan politik secara berkesinambungan.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

Acara ditutup dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama Desa / Kelurahan Awasi Pemilu antara Ketua Bawaslu Kabupaten Magetan dan Lurah Selosari Kecamatan Magetan.

ESTI DWI RAHMAWATI MASDUKI, S.SOS (KASI KESEJAHTERAAN SOSIAL)    GUNADI (TENAGA BANTU KHUSUS (KALING))    MEY KUSYUONO, S.SOS. (SEKRETARIS KELURAHAN )    PURWANTO (TENAGA BANTU KHUSUS (KALING))    BAYU SURYATIN PUTRA (OPERATOR)    SAMSUHARI (TENAGA BANTU KHUSUS (KALING))    SUGENG (MODIN)    SUMARNO (TENAGA BANTU KHUSUS (KALING))    MELLASARI TIARA GUSTIYAN, S.PSI. (STAF ADMINISTRASI)    ELVIDA DWI KUSUMANINGRUM (OPERATOR ADMINITRASI )